Tuesday, November 23, 2010

Step-step Menginstall Tomcat 7 Pada Windows

Tomcat adalah implementasi teknologi JAVA servlet dan JSP yang berlisensi open source milik Apache Software Foundation. Tomcat sangat ringan untuk dijalankan, untuk itu Tomcat sering kali digunakan sebagai Development Server, akan tetapi banyak juga perusahaan-perusahaan yang menggunakan Tomcat sebagai Production Server. bagaimana pun juga jika kita memaksimalkan penggunaannya, pasti akan jadi web server yang tangguh :)




Untuk menginstall Tomcat versi 7, kita membutuhkan setidaknya JDK JAVA Standard Edition versi 1.2 yang bisa didownload disini. Jika J2SE sudah terinstall, sekarang tinggal mendownload Tomcat disini.

Ok, sekarang kita sudah memiliki semua perlengkapan untuk menginstall Tomcat. Extract Tomcat pada C:\apache-tomcat-7.0.4 atau pada directory lain. kemudian buka folder C:\apache-tomcat-7.0.4\bin dan jalankan startup.bat dengan Command Prompt atau eksekusi langsung. Jika kita belum mensetting CATALINA_HOME, JAVA_HOME dan PATH pada Environment Variable, maka start up Tomcat akan gagal dan menampilkan pesan bahwa beberapa variable diatas belum didefinisikan.


Untuk mendefinisikan Environment Variable yang disebutkan diatas, lakukan beberapa langkah berikut :
  1. Klik start menu, lalu klik kanan My Computer, klik properties
  2. Pada tab Advance atau Advance System Settings, klik tombol Environment Variable, maka akan muncul jendela pengaturan Environment Variable seperti dibawah ini

  3. Tambahkan pada System Variables beberapa variable yang dibutuhkan Tomcat diatas, berikut adalah nama variable dan contoh isinya yang diambil dari PC saya :
    JAVA_HOME = C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_21
    (Root Folder JDK)
    CATALINA_HOME = C:\apache-tomcat-7.0.4
    (Root Folder Apache Tomcat)
    PATH = C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_21\bin;C:\apache-tomcat-7.0.4\bin
    (Root Folder Binary JDK dan Apache Tomcat)
    CLASSPATH = .;C:\apache-tomcat-7.0.4\lib\servlet-api.jar
    (Optional, path tempat menyimpan file servlet-api.jar untuk mengCompile Servlet)

    Isi variable diatas bisa disesuaikan dengan configurasi root folder installasi J2SE yang sebelumnya telah diinstall.
Sekarang kita sudah memiliki variable2 sistem yang dibutuhkan Tomcat untuk running. Restart PC sekarang agar variable2 tersebut bisa dibaca oleh Tomcat.

Setelah PC direstart, mulai lagi langkah diatas, yaitu mengeksekusi startup.bat yang tersimpan pada C:\apache-tomcat-7.0.4\bin. jika setting diatas sudah dilakukan dengan benar, maka sekarang Tomcat sudah bisa running well, berikut adalah jendela DOS Tomcat pada PC saya :




Yup, "Server startup in 3807 ms" tidak terlalu buruk untuk memulai suatu server ^^


Untuk memastikan Tomcat sudah bejalan dengan baik, kita bisa melihatnya pada browser dengan membuka alamat http://localhost:8080/ (port default untuk Tomcat adalah 8080). maka pada layar browser akan keluar tampilan sepeti berikut :




nah, itu dia keluar si kucing Tom :)


Sekarang kita sudah memiliki Web Server Tomcat yang running well, tidanggal bagaimana kita mengkonfigurasinya. 

Untuk mensetting server, seperti PORT masuk, PORT keluar dan lain-lain kita bisa mengedit file konfigurasinya di C:\apache-tomcat-7.0.4\conf\server.xml

Untuk mendaftarkan user admin server, kita bisa mengedit file konfigurasinya di C:\apache-tomcat-7.0.4\conf\tomcat-users.xml

Untuk membuat Tomcat menjadi service (artinya kita tidak perlu menjalankan startup.bat lagi ketika merestart PC) eksekusi file service.bat pada C:\apache-tomcat-7.0.4\bin dengan parameter seperti berikut :



service.bat <install/uninstall> <ServiceName>
contoh : service.bat install ApacheTomCat



yup, semoga toturial sederhana ini bisa menambah wawasan rekan-rekan semua, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan, jika ada pertanyaan, silakan tulis dikomentar.


Selamat mencoba :)

3 comments:

  1. makasi banyak atas infonya gans.. bermanfaat banget

    ReplyDelete
  2. trimakasih tutorialnya mas saya coba dulu.

    ReplyDelete
  3. Makasih gan tutornya lengkap n jelas..sdh keliling" cari cm di sini yg plg detail n lengkap utk pemula

    ReplyDelete