Friday, May 8, 2009

" Apa sih PHP itu? "


Mungkin itu pertanyaan yang ada di benak rekan-rekan saat pertama kali belajar PHP. PHP merupakan script yang menyatu dengan file HTML dan berada pada server (server side HTML embedded scripting). Akan tetapi tidak selamanya PHP ini harus bersatu dengan file HTML. Dengan PHP kita dapat membuat beragam aplikasi berbasis web, mulai dari halaman web yang sederhana sampai aplikasi komplek yang membutuhkan koneksi ke database.

Sampai saat ini telah banyak database yang telah didukung oleh PHP dan kemungkinan akan terus bertambah. Database tersebut adalah :
dBase, DBM, FilePro, mSQL, MySQL, ODBC, Oracle, Postgres, Sybase, Velocis
Selain itu PHP juga mendukung koneksi dengan protokol IMAP, SNMP, NNTP dan POP3.
rekan-rekan dapat mengembangkan aplikasi web dengan PHP tanpa harus pusing memikirkan biaya lisensi, karena PHP bersifat Open Source yakni dapat digunakan oleh semua orang tanpa harus membayar biaya royalitas kepada pihak penciptanya.
Persiapan
Ada beberapa software yang dibutuhkan bagi rekan-rekan yang ingin belajar PHP, yaitu :
Web Server, PHP Engine, Browser dan Editor
Web Server dan PHP Engine biasanya dapat diinstal dalam 1 paket software, salah satunya adalah WAMP Server yang dapat didownload di www.wampserver.com/en/download.php. di dalamnya sudah termasuk Web Server Apache, PHP Engine, dan database My SQL.
Jika sudah di install, secara default, WAMP server berada di Drive C:. file-file PHP yang kita buat harus disimpan di C:\wamp\www dan dapat dipanggil dengan browser dengan alamat http://localhost/nama_file_php.php.
tentunya rekan-rekan sudah mengerti apa itu browser, yaitu software yang digunakan untuk membuka halaman web seperti Internet Explorer, Firefox, Opera, Safari dan lain-lain.
Untuk membuat file PHPnya sendiri kita harus menggunakan editor yang mampu mengolah data teks, diantaranya Notepad, editplus, dreamweaver dan lain-lain. direkomendasikan menggunakan Dreamweaver atau PHP Designer.

Langkah pertama - PHP dengan HTML
File php, biasa disimpan berekstensi .php secara otomatis jika webserver kita sudah diinstal PHP, file tersebut akan dieksekusi dengan PHP engine. Script PHP dimulai dengan string "<?" atau "<?php" dan diakhiri dengan "?>" akan tetapi direkomendasikan menggunakan string "<?php" yang dikenal disetiap versi PHP, karena jika string awal PHP tidak dikenali oleh PHP engine akan dianggap sebagai string HTML biasa. Script PHP dapat disisipkan diantara tag HTML atau sebaliknya, tag-tag HTML juga bisa disisipkan diantara script PHP. sebagai contoh, script PHP yang disisipkan diantara tag HTML :
<p><?php echo "Selamat belajar PHP" ?></p>
berikut contoh tag HTML yang disisipkan diantara Script PHP :
<?php
echo "<p>Selamat belajar PHP</p>";
?>
kedua cara tersebut akan sama-sama menghasilkan tampilan kalimat "Selamat belajar PHP" pada layar Browser.
Selamat mencoba :]

2 comments:

  1. pertanyaan simple yg membutuhkan banyak jawaban

    ReplyDelete
  2. informasi yang helpful buat pemula like me, thanks my bro.

    ReplyDelete